Tuesday 6 August 2019

Cara Aktivasi Windows 8.1 Semua Edisi Permanen dan Offline

Cara aktivasi Windows 8.1 secara permanen
Pada dasarnya setelah anda menginstall Windows 8.1 pada komputer yang digunakan, maka anda harus mengaktifkan Windows tersebut. Proses aktivasi Windows 8.1 dilakukan dengan menggunakan product key. Ini sebenarnya berlaku untuk semua versi dan edisi Windows, dan tidak hanya pada Windows 8.1 saja. Namun, yang menjadi permasalahan adalah karena harga product key Windows 8.1 yang cukup mahal sehingga beberapa pengguna Windows memilih untuk tidak membelinya.
Namun, proses aktivasi Windows 8.1 sebenarnya masih dapat dilakukan meskipun anda tidak memiliki product key Windows 8.1. Proses aktivasi dengan metode ini dapat ada lakukan secara offline atau tidak membutuhkan koneksi internet, hasil aktivasi juga akan bersifat permanen. Cara aktivasi Windows 8.1 jika tidak memiliki product key adalah dengan menggunakan tool aktivator Windows dan Office. Salah satu tool aktivator Windows yang cukup populer dan banyak digunakan adalah KMS Auto Lite. Tapi, perlu anda ketahui bahwa cara ini sebenarnya illegal karena sifatnya melakukan pembajakan. Sama halnya ketika melakukan aktivasi office 2013 atau 2016 menggunakan KMS Auto Lite yang juga bersifat illegal.

Cara Aktivasi Windows 8.1 Secara Permanen dan Offline

Meskipun sebenarnya illegal, namun jika anda tidak memiliki product key dan ingin melakukan aktivasi, maka anda bisa menggunakan tool KMS Auto Lite. Kelebihan menggunakan cara ini adalah karena sangat mudah digunakan, dan juga akan bersifat permanen sehingga anda hanya perlu melakukan aktivasi sekali saja. Tidak hanya itu saja, aktivasi menggunakan KMS Auto Lite tidak hanya terbatas pada satu edisi Windows 8.1, tetapi dapat anda lakukan pada semua edisi, baik itu edisi home, pro, dan lain sebagainya. Untuk melakukan aktivasi Windows 8.1 menggunakan KMS Auto Lite, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa pada komputer anda sudah tersedia KMS Auto Lite. Jika belum, silahkan download KMS Auto Lite disini.
Selanjutnya, silahkan ekstrak file KMS Auto Lite yang sudah anda download sebelumnya. Pada folder tersebut anda akan menemukan dua file yaitu KMSAuto X64 dan KMSAuto. Anda tidak harus menjalankan keduanya, tetapi sesuaikan dengan arsitektur Windows yang digunakan. Jika komputer anda menggunakan Windows 64 Bit, gunakan yang KMSAuto X64, dan jika 32 Bit silahkan gunakan yang KMSAuto. Silahkan jalankan KMS Auto Lite sebagai Administrator (Run as administrator).
Menjalankan KMS Auto Lite untuk aktivasi office
Pada jendela KMS Auto Lite, anda akan berada pada tab Main Window. Silahkan klik opsi Install GVLK. Selanjutnya ceklis Forcibly lalu klik Windows key untuk memasang produk key Windows 8.1.
Install product key Windows menggunakan KMS Auto Lite
Jika berhasil maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL. Selanjutnya, silahkan klik Activate Windows untuk mengaktifkan Windows 8.1 yang anda gunakan.
Mengaktifkan Windows menggunakan KMS Auto Lite
Jika proses aktivasi sudah selesai, maka akan muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL.
Aktivasi Windows 8.1 berhasil
Anda juga dapat melihat status aktivasi pada Control Panel > System and Security > System. Pada jendela tersebut, anda akan melihat Windows Activation yang memiliki status Windows Activated, yang berarti Windows 8.1 yang digunakan sudah berhasil diaktivasi.
Windows 8.1 berhasil diaktivasi

Masalah yang Sering Terjadi Ketika Proses Aktivasi

Meskipun anda sudah mengikuti cara-cara diatas dengan seksama, bisa saja tiba-tiba muncul masalah yang terjadi ketika anda melakukan aktivasi Windows 8.1 menggunakan KMS Auto Lite. Ada kalanya proses aktivasi tidak dapat dilanjutkan karena terdapat error di tengah jalan. Berikut beberapa error yang sering terjadi ketika melakukan aktivasi Windows 8.1 menggunakan KMS Auto Lite dan cara mengatasinya.

Masalah 1

Terjadi error dengan keterangan CScript Error: Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for details. Masalah ini biasanya terjadi karena anda menggunakan/menginstall anti virus Smadav pada komputer yang digunakan, dimana Smadav memiliki fitur untuk men-disable Windows Script Host. Solusinya adalah, silahkan enable Windows Script Host pada anti virus Smadav.
Untuk meng-enable Windows Script Host pada Smadav, Silahkan klik kanan pada icon Smadav di taskbar icon (kanan bawah), kemudian klik Allow Windows-Script & Office-Macro (Permanent) atau Allow Windows-Script & Office-Macro (Until Restart). Jika anda memilih opsi Permenent, maka Windows Script Host akan diaktifkan (enable) selamanya, dan jika memilih Until Restart, maka hanya berlaku sampai komputer anda melakukan restart atau dimatikan. Setelah itu, silahkan lakukan kembali langkah-langkah aktivasi diatas.
Enable Windows Script Host pada Smadav

Masalah 2

Masalah lain yang sering terjadi adalah terjadinya error dengan keterangan CScript Error: Loading script “C:\WINDOWS\Temp\KMSAuto\bin\KMSactivator.vbs” failed (Operation did not complete successfully because the file contains a virus or potentially unwanted software). Masalah ini terjadi karena program KMS Auto Lite dianggap sebagai virus oleh Windows Defender atau antivirus lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan matikan Windows Defender untuk sementara waktu. Lakukan juga hal yang sama jika anda menggunakan antivirus lain.
Itulah cara melakukan aktivasi Windows 8.1 menggunakan KMS Auto Lite. Cara ini sangat baik untuk digunakan oleh anda yang hendak melakukan aktivasi Windows 8.1 secara permanen tetapi tidak memiliki product key. Selain itu, cara ini sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support